Lantai Parket Bambu sebagai Bukti Ramah Lingkungan



Saat ini Lantai Parket Bambu banyak diminati orang sebagai alternatif pengganti material kayu. Bambu merupakan material yang ramah lingkungan karena proses renewable yang cepat. Pohon Bambu ini dapat tumbuh dengan tinggi 120 meter hanya dalam waktu kurang dari 2 bulan. Sedangkan untuk masa panen, Pohon Bambu membutuhkan waktu 3 – 5 tahun. Sedangkan Hardwood memerlukan waktu 20 hingga 120 tahun untuk mencapai kualitas yang maksimal.

Apabila ditebang dengan cara yang benar, dan usia yang tepat Parket Bamboo dikenal sangat kuat dan bisa menyamai kekuatan kayu keras seperti kayu jati dan pinus. 

Berdasarkan penyusunan, parket bambusolid dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

Vertical flooring, yaitu parket yang dibuat dari bambu yang dibelah-belah lalu disusun secara vertical.
Horizontal flooring, adalah jenis parket yang dibuat dari bambu belah yang disusun secara horizontal.
Strainwoven flooring, adalah parket yang dibuat dari bambu yang dihancurkan lalu dipress dengan menggunakan mesin.

Cara pemasangan Bamboo flooring hampir sama dengan pemasangan tidak berbeda dengan parket kayu. Pihak produsen menyediakan dua jenis parket yang berbeda pemasangannya. Dengan Lem atau dengan system interloking. Bagian bawah Parket biasanya ditambahkan lapisan lembaran foam, dengan tujuan untuk menghindari permukaan lantai yang tidak rata dan bunyi berdecit.

Jenis pemasangan Lantai Parket Bambu yang mudah dan kuat yaitu dengan sistem interlocking antara lidah dan ceruk. Cara memasang Paret adalah dengan memasukkan lidah pada lembaran  pertama ke dalam ceruk Lembaran Parket yang lain.

Parket Bambu diklaim tahan terhadap goresan (bukan goresan benda tajam). Namun, juga mempunyai kelemahan, yaitu tidak tahan terhadap air yang menggenang. Parket Bambu solid dari sebuah produsen, biasanya juga membedakan menjadi parket untuk interior dan parket bambu untuk eksterior. Parket Bambu Eksterior harganya tentu lebih mahal karena lebih tebal dan diberi lapisan khusus agar tahan terhadap pengaruh cuaca.
Pada dasarnya Material Bambu, tidak hanya dapat diolah untuk lantai saja, namun juga dapat digunakan untuk pbamboo board yang mirip dengan Triplek. Bahkan untuk kreasi lain, material bamboo bisa di gunakan untuk material dinding, Pagar Bambu, Furniture, aksesoris Rumah dan bahkan untuk perlengkapan makan yang tentu lebih Ramah Lingkungan.
Ringkasan:
  • Lantai Parket Bambu banyak diminati apabila dibandingkan Parket kayu, karena lebih ramah lingkungan,
  • Kekuatan Material Bambu untuk Parket sama dengan kekuatan Kayu keras, seperti Jati dan Pinus,
  • Produsen biasanya memproduksi Parket bamboo untuk penggunaan Interior dan Eksterior.