Tips Perawatan Parket Bambu dan Kayu

Merawat Lantai Parket
Lantai parket bambu  dan kayu adalah material lantai yang umumnya tidak tahan terhadap genangan air, suhu yang terlalu lembab dan ancaman serangan serangga. Anda yang sudah menggunakan atau yang berencana untuk menggunakan jenis penutup lantai tersebut tentu harus mengetahui bagai mana Perawatan Parket Bambu dan atau lantai secara tepat. Jangan sampai baru berumur beberapa bulan, Lantai Parket anda sudah Rusak, bahkan hancur karena diserang oleh Rayap.

Agar anda tenang menghadapi kelemahan dari Material Lantai Parket dengan menggunakan material Bambu dan Kayu tersebut, dibawah ini merupakan Sembilan Tips untuk menjaga keawetan dan pemasangan Lantai Parket Bambu dan Kayu.

Sebelum Parket dipasang, sebaiknya lapisi dahulu permukaan bawah lantai dengan plastik di atas. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembapan dan masuknya rayap, ke material Parket.
Sebelum meletakkan Furniture di atas lantai parket bambu, sebaiknya anda melapisi bagian bawah kaki furniture dengan floor protector pads. Hal ini tentu bertujuan untuk mengurangi goresan yang ditimbulkan oleh kaki Furniture.

Ketika akan memindahkan Furniture, jangan menggeser atau mendorongnya. Dan sebaiknya anda mengangkat furniture, untuk mencegah goresan yang merusak tampilan lantai Parket.
Bersihkan lantai parket bambu atau kayu, dengan Sapu dan kain pel. Jangan gunakan bahan kimia seperti cairan pembersih lantai, karena dapat menyebabkan Lantai Parket berubah warna. Pencucian dengan menggunakan cairan pembersih (wax) disarankan hanya digunakan setahun sekali.


Segera bersihkan makanan atau minuman yang tumpah ke lantai Parket, sehingga tidak meninggalkan noda yang tentu sangat sulit untuk dihilangkan.

Tips Perawatan Parket Bambu dan Kayu yang selanjutnya adalah, Bagi anda wanita, Jangan berjalan di atas lantai parket bambu atau kayu dengan tetap menggunakan sepatu yang menggunakan hak yang lancip.

Jaga agar Lantai Parket tidak terkena genangan air. Baik itu Dari atap yang bocor atau tumpahan air. Sehingga anda harus selalu pastikan rumah anda bebas bocor, dan segera keringkan apabila terkena tumpahan air minum atau cairan lainnya.

Jangan biarkan binatang peliharaan masuk ke ruangan yang menggunkan lantai parket bamboo, karena biasanya mereka suka mencakar lantai.

Perawatan Lantai Parket Bambu dan Kayu memang tidak semudah dengan perawatan material penutup lantai yang lain, seperti keramik, marmer atau batu alam. Namun kesan Natural, hangat, serta konsep ramah lingkungan yang dimilikinya tentu menjadi daya tarik untuk anda yang hobi dengan Rumah dengan konsep Desain Natural.
Gambar Aplikasi Parket untuk Dinding

Gambar Aplikasi Parket untuk Lantai


Ringkasan:
  • Lantai parket bamboo  dan kayu tidak tahan terhadap genangan air, suhu lembab dan ancaman serangan Rayap,
  • Perawatan dan kehati-hatian akan tetap menjaga keindahan dan keunikan Lantai Parket,
  • Perawatan Parket Bambu atau Kayu memang tidak semudah dengan perawatan keramik, marmer atau batu alam lainnya.