Kontruksi Material Bambu sebagai Sayap Rumah


Gambar Kontruksi Material Bambu
Menciptakan desain unik untuk eksterior rumah tentu akan menjadi kebanggaan, apalagi hal tersebut berada di komplek perumahan. Eksterior unik akan menjadi pembeda dengan desain-desain rumah yang lain. Seperti yang telah dilakukan oleh TOPOS Design Studio, yang berhasil memberikan sentuhan unik dengan Kontruksi Material Bambu pada ruang kosong di sebuah rumah di Mt Sinai Road.

Fasad Rumah ditambahkan "sayap" atau pelindung dari material bambu yang disusun vertikal mirip dengan layar besar. Karena Sayap yang besar dan lebar, Sayap Bambu terlihat menonjol dibandingkan rumah-rumah yang ada disekitarnya.


Kontruksi Sayap rumah ini murni menggunakan material bambu tanpa bantuan komponen material lain, seperti baja. Kontruksi Material Bambu tentu sebuah prestasi yang mengesankan karena meringankan kebutuhan untuk mengisi ruang kosong tersebut. Banyak desainer kontemporer yang menggunakan material bambu hanya sebatas sentuhan akhir sebuah desain. Namun, TOPOS Design Studio menggunakannya sebagai komponen struktural.

Konstruksi "Sayap” Eksterior lantai dua rumah tersebut memberikan berbagai keuntungan, diantaranya  unuk mempromosikan ventilasi alami, memberikan privasi untuk penghuni rumah, mendukung masuknya cahaya alami, dan mengurangi sinar matahari yang berlebih. Kontruksi ini tentu tentunya menjadikan salah satu aspek pendukung rumah ramah lingkungan.

Kombinasi taktik desain dan penggunaan Kontruksi Material Bambu membantu mengurangi pemakaian energi listrik secara keseluruhan, karena rumah bisa tetap sejuk tanpa AC. Material Bambu juga merupakan Material yang mudah untuk diperbarui, karena umur bamboo yang relative lebih pendek, apabila dibandingkan dengan Material Kayu.

Ringkasan:
  • Desain Eksterior unik akan menjadi pembeda dengan desain-desain rumah yang lain, terutama apabila berada di perumahan,
  • Material Bambu, bisa digunakan sebagai pelindung ruang kosong sehingga lebih nyaman, aman dan indah.