Green Stadion untuk 2014 Piala Dunia di Brasil


Menyambut pelaksanaan pesta sepakbola Piala Dunia 2014 yang akan dilaksanakan di Brasil, stadion nasional utama Brasilia, saat ini sedang dilakukan renovasi. Proyek ini dirancang oleh arsitek senior yang asal Brasilia, Oscar Neimeyer yang kini telah berusia 104 tahun. Dalam Rencana renovasi tersebut juga akan menggunakan panel surya sebagai sumber energy yang ramah lingkukan, sehingga menjadi salah satu Green Stadion.

Panel surya akan dipasang pada bagian atap stadion sehingga mampu menghasilkan tenaga listrik hingga 2,5 juta megawatt (mw). Untuk mengurangi konsumsi emisi karbon dan bahan bakar, sebelum pembuatan beton yang akan menyokong tribun atas stadion dibuat di site atau lokasi yang sama.

Renovasi Stadion Brasilia yang baru ini juga terdapat sebuah sistem penampungan air hujan untuk digunakan mengairi lanskap stadion. Namun di balik hal positif tersebut, ternyata ada satu celah yang memberikan penilaian negatif terhadap Renovasi Stadion Brasilia. Hal ini dikarenakan 80 pohon ditebang untuk perluasan stadion.

Sebagai ganti penebangan pohon tersebut, salah satu kontraktor yang terlibat dalam proyek Green Stadion ini akan menyumbangkan 5.000 bibit pohon untuk ditanam di seluruh Brasilia. Hal bertujuan untuk dapat mempertahankan keseimbangan lingkungan kota yang selama 52 tahun ini menjadi salah satu warisan budaya UNESCO.

 



Ringkasan:
  • Stadion Brasilia sedang direnovasi untuk persiapan, pesta sepakbola Piala Dunia 2014, dengan arsitek Oscar Neimeyer,
  • Stadion ini direnovasi dengan konsep Green Stadion, dengan penggunaan Surya Panel dan pemanfaatan air hujan,