Ide Desain Rumah Tropis Minimalis


Tropis minimalis memiliki pengertian bahwa bangunan dibuat dengan seefisien mungkin, dengan bentuk bangunan mengikuti fungsi. Sekalipun seperti itu, selera bangunan ini tetap mengutamakan kenyamanan untuk mencari solusi dari kendala yang disebabkan oleh iklim tropis. Selera bangunan tropis minimalis dapat dikatakan berhasil, jika bangunan yang dihasilkan tidak menimbulkan lembab, sehingga jamur tidak mudah berkembang biak.

Bangunan tropis minimalis juga akan mampu menghalangi panas sinar matahari, untuk langsung masuk ke dalam rumah, alhasil tidak akan terjadi silau dan furnitur anda akan aman dari terpaan sinar matahari. Yang tidak kalah penting dari bangunan tropis, ketika terjadi hujan deras, air hujan tidak akan masuk ke dalam rumah.

Permainan kisi-kisi, keseimbangan bidang vertikal dan horisontal pada dinding serta kolom-kolom yang geometris memberi karakter dominan pada bangunan tropis minimalis. Kisi-kisi dapat berfungsi sebagai sun shading, atau juga berfungsi sebagai ventilasi silang untuk kenyamanan sirkulasi udara ke seluruh ruang.

Keseimbangan bidang vertikal dan horisontal pada dinding, yang sering anda lihat pada gaya arsitektur bangunan tropis minimalis, dapat berupa permainan batu candi, kanopi beton dan plesteran motif garis yang banyak digemari saat ini, mungkin termasuk anda?

Tropis minimalis, tidak hanya sekedar selera bangunan ataupun kriteria rumah sehat, tetapi juga jawaban terhadap kondisi kenyamanan iklim yang semakin tidak kondusif dan jauh dari kesan ramah lingkungan.