Material Bata Putih sebagai Alternatif Material Dinding


Desain Interior ruang Teras
Dahulu bata merah dan batu adalah satu-satunya material yang umum digunakan saat membangun rumah. Namun, sekarang bata merah bukanlah satu-satunya. Beragam material kini bisa digunakan. Banyaknya ragam pilihan, seperti bata merah dan Material Bata Putih semakin memberikan kemudahan bagi Anda untuk memperkokoh bangunan hunian. Bagi sebagian orang, memakai bata merah sebagai material dinding tentunya sudah sangat standar dan umum digunakan.

Namun ,saat ini kehadiran bata putih atau yang lebih akrab dikenal sebagai bata ringan juga sudah mendominasi tampilan rumah. Dahulu penggunaan bata putih atau yang lebih dikenal dengan beton aerasi lebih banyak digunakan untuk bangunan gedung bertingkat saja. Namun, sekarang bahan material ini sudah banyak digunakan sebagai pengganti bata merah. Untuk kekuatannya, bata jenis ini sangat kuat dan tahan akan retakan akibat cuaca.

Di pasaran sendiri, bata ringan ini disediakan dengan ukuran 60 x 30 cm, dan dengan ketebalan yang bervariasi. Kalau untuk dinding rumah biasa menggunakan balok dengan ketebalan 7,5 cm dan 10 cm. Harga bata ringan sekitar $ 0,01 ribu per satu blok palet dengan ukuran 1 meter2. Jika dihitung-hitung, harga antara bata merah dan bata putih memang lebih mahal bata putih dan untuk pengaplikasiannya lebih banyak bata putih. 

Untuk 1 meter persegi dinding saja biasanya dibutuhkan kurang lebih 8,5 keping bata ringan. Jadi, bisa dibilang dana yang dibutuhkan hampir $ 7.5. Apabila melihat perbandingannya, perbedaan antara bata merah dan putih cukup jauh.


Karena perbedaan itulah, banyak orang menganggap material bata putih jauh lebih mahal daripada bata merah. Kelebihan lain dari bata ringan atau putih ini adalah lebih irit volume struktur. Karena bobotnya yang ringan, otomatis volume elemen struktur bangunan bisa direduksi. Terutama bila ingin digunakan untuk dinding di lantai dua.

Jadi, jelas bahwa penggunaan material bata putih bisa menggantikan pemikiran orang yang selalu terpatok pada penggunaan bata merah saja. Dengan begitu, bata putih bisa dipilih sebagai alternatif material dinding berikut yang lebih efektif.
Desain Interios Ruang Keluarga

Desain Interios Ruang Tamu


Ringkasan:
  • Material Bata Putih yang ringan bisa menjadi  alternative pembangunan rumah bertingkat, sehingga menghemat kontruksi,
  • Untuk 1 meter persegi dinding dengan bata putih, dibutuhkan dana $ 7,5.