Memaksimalkan Desain di Ruang Tamu Ukuran Kecil


Desain Ruang Tamu Minimalis
Keterbatasan lahan untuk keinginan pembuatan ruang tamu yang luas, tentu sesuatu hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Tidak jarang kamar tamu dibatasi dengan partisi untuk membagi dengan ruangan lain, baik itu ruang keluarga atau ruang makan dengan tujuan apabila suatu saat diadakan acara dengan jumlah tamu yang banyak partisi bisa dibuka.

Memaksimalkan konsep ruang tamu di lahan yang sempit, bisa dilakukan dengan menggunakan efek warna. Penggunaan warna cerah untuk cat dinding dan warna alami seperti coklat pada funitur merupakan solusi untuk memberikan kesan luas pada ruang tamu yang sempit. Namun yang perlu diperhatikan dengan penggunaan warna-warna ini, pencahayaan didalam ruangan harus cukup, baik itu pencahayaan alami atau buatan. Karena apabila pencahayaan kurang, kesan gelap dan sempit akan kembali didapatkan.

Selain menggunakan warna cerah pada ruang tamu yang sempit, penggunaan kombinasi warna natural seperti coklat, krem, dan putih bisa menjadi solusi selanjutnya. Warna putih akan serasi apabila dikombinasikan dengan warna coklat gelap. Warna putih secara otomatis akan memberikan kesan luas pada ruang tamu yang sempit, namun juga mempunyai kelemahan yaitu cepat kotor. Untuk itu penggunaan warna lain yang sifatnya terang namun masih bersifat natural, seperti krem muda atau hijau muda bisa menjadi pilihan lain.

Penambahan lukisan atau cermin besar pada salah satu dinding juga akan memberikan variasi, dan memberikan kesan lebih luas pada ruang tamu yang sempit.

Ringkasan:
  • Partisi ruangan bisa menjadi solusi rumah dengan ukuran sempit,
  • Ruang tamu Berukuran sempit akan terlihat lebih luas dengan pengguaan warna-warna cerah pada dinding.