Taman Mungil Tanaman Sansevieria Mempercantik Hunian Minimalis


Taman Sansevieria Minimalis
Menciptakan taman rumah di lahan yang terbatas merupakan suatu permasalahan untuk sebagian orang. Namun dengan ide kreatif taman rumah tetap bisa diciptakan dengan cantik, dan menghijaukan tampilan depan rumah. Menanam tanaman di dalam pot dan wadah atau yang juga dikenal dengan sebutan grouping plant merupakan salah satu solusi yang tepat untuk tetap bisa menciptakan taman rumah yang cantik.

Agar didapatkan hasil maksimal pilihlah tanaman yang mudah dipelihara, misalnya tanaman keluarga sukulen, Kaktus, Sansevieria yang merupakan salah satu keluarga sukulen yang cukup cantik untuk menghiasi taman rumah.

Untuk ukuran taman rumah yang kecil, anda bisa memilih taman Sansevieria mungil. Langkah pembuatannya sangat mudah, yaitu dengan memilih jenis Sansevieria yang ukurannya kerdil. Sansevieria sebagai tanaman hias mempunyai lebih dari 60 spesies. Secara umum, ada jenis Sansevieria yang daunnya tumbuh memanjang ke atas dan ada juga yang daunnya pendek dan membulat. Karena lahan dalam wadah terbilang sempit, maka pilihlah Sansevieria dengan ukuran kecil atau kerdil.

Ada 3 varian Sansevieria dengan daun yang pendek, yaitu sansevieria trifasciata atau "Golden Hahnii", sansevieria trifasciata atau "Silver Hahnii", dan sansevieria trifasciata hahnii. Ketiga jenis Sansevieria ini cocok diaplikasikan di dalam taman mungil.

Kunci utama dalam membuat taman mungil adalah dengan komposisi tanaman yang ada harus seimbang. Maka dari itu tinggi rendah dan warna tanaman harus diperhatikan. Untuk taman sansevieria mungil, Anda bisa menggunakan jenis sansevieria trifasciata yang daunnya memanjang ke atas seperti sansevieria “Bantels Sensation” atau sansevieria trifasciata Laurentii.

Menata taman mungil hampir mirip dengan mengatur taman pada umumnya. Selain mengatur letak tanaman anda juga harus mengatur penggunaan pasir dan batu alam sebagai elemen pemanis agar taman mungil terlihat lebih cantik. Dengan penataan yang tepat, meski menggunaan material yang sederhana, ternyata  taman mungil ini mampu mempercantik fasad rumah dan tentu mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.