3 Desain Carport Hemat dengan Kombinasi Material


Bagi anda yang berencana untuk membangun carport dengan dana yang terbatas, sebaiknya dahulukan terlebih dahulu penghitungan dana agar pembangunan carport lebih maksimal. Yang harus diperhatikan sebelum membangun Carport adalah penggunaan dua material penting, yaitu Material Lantai (keramik, beton rabat, Grassblock , rumput, kayu, batu alam, besi pelat) dan material Atap (beton, polikarbonat/ fiber, kaca, kayu, tanaman rambat, besi, baja, kain).

Sebagai referensi untuk anda, dibawah ini merupakan contoh tiga kombinasi material untuk carport yang bisa anda jadikan alternatif desain agar didapatkan hasil yang maksimal:

Desain Carport dengan Material Besi & Polikarbonat

Besi merupakan material dapat dipasang dengan cepat dan singkat. Namun dari kekuatan bahan, memang masih di bawah baja sehingga harganya lebih murah. Material besi untuk struktur Carport perlu dimodifikasi, seperti diberi tambahan penambahan penopang sudut dan perlu di Cat agar lebih kuat.

Untuk penutup atap, dapat menggunakan bahan polikarbonat yang termasuk bahan fiber yang tembus cahaya. Bahan ini relatif terjangkau dan memang dibuat untuk material atap transparan, sehingga cahaya tetap bisa masuk kedalam carport. Bahan polikarbonat sangat ringan dan memiliki warna dan motif garis yang cantik, namun memiliki kekurangan mudah kotor dan rusak. Maka dari itu, anda perlu memikirkan biaya perawatan material atap Carport untuk 3-5 tahun ke depan.

Untuk dapat memiliki Carport dengan kombinasi Material Besi dan Polikarbonat, anda harus menyiapkan dana $ 900 - $ 1000.

Desain Carport dengan Material Baja & Tanaman Rambat


Efek pemanasan global tentu menuntut rumah anda memiliki area hijau yang lebih banyak. Selain sebagai pengganti oksigen, tanaman juga mampu mereduksi panas matahari, sehingga suhu ruangan rumah menjadi lebih sejuk.

untuk mendapatkan hasil tersebut, Tanaman rambat dapat dipilih sebagai salah satu material penyusun Carport. penggunaan tanaman rambat banyak pilihan, namun Anda harus memikirkan biaya dan waktu perawatan.

Kombinasi Tanaman rambat dan besi baja profil IWF akan memberi kesan futuristik dan elegan dengan dirambatkan dengan wiremesh (besi jala). Meski tidak semahal kontruksi beton, harga material baja untuk mempercantik Desain Carport cukup mahal. Untuk memiliki Carport dengan Kombinasi kedua material ini anda harus menyiapkan dana sebesar $ 1200 - $ 1500.

Desain Carport dengan Material Beton & Kaca

Beton adalah material konstruksi paling umum yang digunakan masyarakat. Perkembangan teknologi membuat material ini dapat dimodifikasi ke dalam bentuk yang beragam, sehingga tampil lebih cantik.

Untuk pembangunan Carport penggunaan Beton bisa digunakan untuk material lantai dan tiang dan dikombinasikan dengan material kaca pada bagian atap. Beton juga dapat dibuat dengan konstruksi kantilever (gantung dengan satu sisi tiang).

Harga Beton relatif terjangkau dan mudah diaplikasikan, juga bisa dikombinasikan dengan material apapun. Salah satu kekurangan material beton adalah berat dan untuk modifikasi desain harus dihitung kekuatan strukturnya. Material kaca mudah menerima cahaya dan permukaan tipis, namun mudah kotor. Untuk dapat memiliki Desain Carport dengan Material Beton & Kaca, anda harus menyiapkan dana $ 1800- $ 2000.

Ringkasan:
  • Sebelum membangun carport adalah penggunaan dua material penting, yaitu Material Lantai dan Material Atap,
  • 3 kombinasi material yang bisa anda pilih diantaranya Material Besi & Polikarbonat, Baja & Tanaman Rambat, Beton & Kaca,
  • Harga Material Besi & Polikarbonat $ 900 - $ 1000, Baja & Tanaman Rambat $ 1200 - $ 1500, Beton & Kaca $ 1800- $ 2000.