Pentingnya Memahami Elemen Desain Interior

Elemen Desain Interior Foto 1
Aspek penyusun rumah atau interior hingga menjadi satu kesatuan utuh yang indah tentu terbagi menjadi beberapa aspek penyusun atau aspek pendukung. Untuk menciptakan dekorasi yang cantik, memahami dari masing-masing elemen sangat penting. Ini dimaksudkan agar mampu menciptakan arsitektur yang serasi dan harmonis.

Beberapa elemen yang harus dipelajari dan di pahami untuk dekorasi tata ruang rumah adalah sebagai berikut:

1.    Lantai, Dinding dan Plafon

Tiga elemen ini adalah unsure pembentuk Interior ruangan rumah. Pengolahan yang tepat pada ketiga Elemen Interior ini dapat menciptakan kenyamanan untuk rumah. adapun pengolahan yang dapat dilakukan meliputi material yang digunakan, tekstur dan warna. Setiap jenis material mempunyai sifat yang berbeda antara satu dengan yang lain untuk menciptakan karakter ruangan. 

Pengaplikasian setiap jenis bahan sangat tergantung pada gaya desain yang akan di gunakan dan letak dimana material tersebut akan digunakan. Sebagai contoh, penggunaan material kayu pada lantai (Pengolahan, jenis Kayu dan finising) tentu akan sangat berbeda apabila digunakan untuk plafon.

2.    Perangkat dan Furniture

Furniture pengisi ruang keluarga tidak hanya berfungsi sesuai dengan fungsi dasarnya, namun memiliki fungsi yang lain. Mempercantik ruangan, menciptakan karakter untuk menggambarkan pribadi pemilik rumah merupakan fungsi lain dari perangkat furniture yang digunakan untuk menghiasi interior rumah. Maka dari itu, sangat penting untuk bisa memahami elemen interior yang satu ini, mulai dari pemilihan bahan, tata letak dan komposisi furniture dalam interior.

3.    Lampu dan Kaca Transparan Sebagai Media Pencahayaan.

Kedua elemen ini dihadirkan pada dekorasi interior ruangan dengan berbagai bentuk dan model yang bervariasi. Bentuk yang bervariasi dengan intensitas dan teknik pencahayaan yang berbeda pada lampu rumah, merupakan sebuah langkah untuk menciptakan karakter pada ruangan. Penggunaan kaca transparan atau bening pada dinding tentu bertujuan untuk memasukan cahaya matahari ke dalam ruangan. Kaca transparan juga mampu menciptakan kesan ruangan yang luas.

4.    Perangkat Elektronik

Perangkat elektronik seperti home theater di rumah, selain difungsikan sebagai sarana hiburan untuk seluruh keluarga, keberadaannya mampu mempercantik ruangan dan memberikan kesan mewah untuk dekorasi ruangan. Dengan berkembangnya teknologi elektronik dari waktu ke waktu, mewahnya pemasangan perangkat audio dan vidio sebagai salah satu Elemen Interior pendukung, mampu menggambarkan status sosial dari pemilik rumah.