Estetika Desain Garasi untuk Pelindung Mobil


Tidak banyak orang yang menganggap, Garasi merupakan tempat yang harus mendapatkan sentuhan Estetika. Garasi merupakan area untuk menyimpan kendaraan agar mobil anda terlindungi dari pencuri, terik matahari, air hujan, bahkan embun. Anda tentu tidak sadar apabila Embun juga merupakan musuh utama mobil. Hal ini dikarenakan embun mengandung zat asam dan menyebabkan Mobil anda cepat berkarat. Mobil yang terlindung di dalam garasi tentu akan lebih awet, karena menghambat proses karat akibat pengasaman dari embun. Maka dari itu Estetika Desain Garasi perlu menjadi perhatian agar sesuai dengan konsep rumah.

Ukuran Garasi Mobil

Saat anda ingin membuat garasi, ukuran tentu menjadi hal yang penting, baik itu sesuai dengan ukuran mobil atau  jumlah kendaraan yang akan disimpan di garasi Anda. Garasi merupakan ruang tambahan di area depan atau samping rumah. Jadi, ketika anda berencana untuk membuatnya, Anda harus memperhatikan lahan yang tersedia. Untuk mobil kecil, garasi bisa dibuat dengan ukuran 2,4 x 4,8 meter. Namun, apabila ingin lebih luas, garasi minimal harus berukuran 3x6 meter.

Apabila lahan yang tersedia di rumah Anda cukup luas, tentu akan lebih mudah membangun garasi. Namun apabila lahan anda terbatas, dan hanya mampu membangun garasi dengan ukuran yang tidak besar, maka sebaiknya jangan menaruh benda apa pun yang bisa menjadikan garasi terkesan sumpek dan sempit.

Apabila Anda juga memiliki kendaraan lain seperti motor, sebaiknya anda menambah lebar garasi. Sedangakan untuk menyimpan 2 mobil, sebaiknya anda membuat garasi dengan ukuran 5 X 6 meter. Pedoman lain dalam menentukan ukuran garasi mobil adalah berulah jarak buka pintu mobil. Usahakan Anda masih memiliki jarak mempermudah masuk dan keluar dari mobil.

Posisi Garasi Mobil

Selain masalah ukuran, Posisi Garasi juga harus diperhatikan. Hal ini akan juga termasuk aspek yang mempengaruhi nilai estetika garasi Anda. Posisi paling ideal untuk membangun garasi adalah lurus atau sejajar dengan Pintu Gerbang Rumah. Hal ini akan memberikan keuntungan, mobil anda lebih mudah masuk dan keluar rumah. Pilih pintu garasi yang mudah dibuka, sehingga tidak menyulitkan kendaraan yang akan masuk dan keluar. Apabila anda menggunakan jenis pintu engsel, maka perhitungkan jarak Pintu Garasi dengan Pagar.

Bentuk Garasi

Bentuk paling ideal untuk memenuhi Estetika Desain Garasi adalah persegi. Hal ini dikarenakan bentuk ini yang paling simpel dan sesuai dengan bentuk serta bodi kendaraan. Jangan terlalu banyak menggunakan sekat di dalam garasi karena tentu akan menyulitkan Anda saat ingin memasukkan kendaraan. Dan lebih baik garasi hanya terdiri dari lemari yang ditempel pada dinding garasi, yang berguna untuk menyimpan peralatan kendaraan dongkrak,seperti obeng, dan perlengkapan lainnya.

Ringkasan:
  • Embun banyak mengandung zat asam yang merusak material penyusun mobil yang terbuat dari besi,
  • Garasi akan melindungi mobil dari pencurian, pengarus cuaca dan embun yang mempercepat kerusakan mobil,
  • Estetika Desain Garasi yang paling ideal adalah persegi, dan tidak ada pembatas di dalam ruangannya.