Bangunan Ramah Lingkungan Menggunakan Bata Bekas


Desain Bangunan Ramah Lingkungan yang baik harus menggunakan sumber daya alam secara minimal. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan material daur ulang. Arsitek Joshua Bolchover dan John Lin dari Rufwork mampu membuktikan kemampuan penggunaan material daur ulang untuk merancang Sekolah Dasar Tongjiang di Provinsi Jianxi, tenggara China.

Kedua Arsitek tersebut membangun sekolah dengan Desain Bangunan Ramah Lingkungan menggunakan batu bata daur ulang dari rumah-rumah rusak yang ada di wilayah Provinsi Jianxi. Proyek yang dikerjakan oleh badan amal World Vision tersebut, ternyata merupakan cara inovatif dalam menyelamatkan material bangunan.

Secara singkat, badan amal World Vision meminta kedua arsitek merenovasi bangunan sekolah yang hanya mampu menampung 220 siswa menjadi 450 siswa. mereka meminta arsitek membuat bangunan baru dengan 11 kelas untuk belajar yang menjadi pusat untuk desa-desa di sekitarnya yang saat ini tidak memiliki akses ke pendidikan yang cukup.

Rufwork membuat atap bangunan dari limbah bata daur ulang dan puing-puing yang ditebalkan, sehingga mampu menjadi pendingin tambahan pada musim panas dan menahan panas selama musim dingin. Fitur unik di dinding adalah lubang-lubang kecil dalam pola bata, yang membuat bangunan ini lebih terbuka terhadap udara dan cahaya, serta ruang kelas yang terlindungi dari panas sinar matahari. Bata Ekspose pada dinding luar, juga menciptakan desain yang unik dan lebih menghemat penggunaan material lain.

Area lain yang menjadi fokus dalam Bangunan Ramah Lingkungan adalah alternatif untuk ruang belajar siswa. Selain ruang kelas tradisional, para arsitek juga berkonsentrasi pada ruang sosial untuk berinteraksi dan pertukaran ide para siswa si sekolahan tersebut. Seperti pembuatan tangga yang terletak di depan bangunan, berfungsi ganda sebagai ruang pertemuan sekolah dan berkumpulnya para siswa.




Ringkasan:
  • Bangunan Ramah Lingkungan harus menggunakan sumber daya alam secara minimal,
  • Desain Bangunan Tongjiang Primary School yang Ramah Lingkungan dirancang oleh Joshua Bolchover dan John Lin,
  • Material Bata Bekas digunakan sebagai material utama pembuatan bangunan sekolahan.