Pentingnya Area Privasi untuk Rumah Mewah


Gambar Arsitektur Rumah Mewah
Banyak orang yang mungkin termasuk anda dan saya, mendesain ruang duduk di taman atau suatu ruang dengan tingkat privasi tinggi merupakan suatu kebutuhan di sebuah desain Rumah Mewah. Hal ini disebabkan, sebagai individu tentu suatu saat ingin menyendiri dan tidak ingin terganggu oleh hal apa pun.

Apabila sudah demikian, kesan ruang duduk sebaiknya mempunyai prinsip yang sama. Namun, sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya tentukan terlebih dahulu tingkat privasi yang Anda inginkan di ruang tersebut. Apakah semiprivat atau privat penuh?

Dengan mengetahui tingkat privasi yang diinginkan, Anda akan mudah menentukan jenis-jenis bahan dan tanaman yang hendak digunakan. Misalnya, Anda menginginkan satu area untuk beristirahat dan melepas lelah yang penuh dengan kehijauan dan agak tersembunyi. Karena itu, Anda perlu menggunakan tanaman atau kisi-kisi kayu dan besi yang agak rapat agar Anda tidak langsung terlihat oleh orang lain bahkan dari keluarga anda sendiri.

Biasanya orang menciptakan konsep ruang duduk Privasi karena ingin melakukan aktivitas tanpa diganggu oleh siapa pun. Misalnya, orang tersebut ingin menyalurkan hobi melukis atau sekadar mencari inspirasi. Untuk membuatnya, desain dan letakkan ruang duduk yang tidak berhubungan langsung dengan ruang-ruang umum di dalam rumah. Misalnya, letakkan ruang duduk berdampingan langsung dengan teras kamar Rumah Mewah anda.

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesan privasinya, yaitu sediakan kursi taman yang minim di ruang duduk tersebut. Minimal 1- 2 kursi. Kalaupun Anda ingin membangun ruang duduk berkonsep gazebo, maka buatlah gazebo yang tidak terlalu besar dan letaknya dibuat jauh dari bangunan utama rumah.

Biasanya taman belakang berdampingan dengan area servis. Supaya satu sama lain tidak terganggu saat melakukan aktivitas, Anda bisa membangun sebuah dinding. Atau apabila anda menginginkan kesan tidak masif,manfaatkan sekat dari bilah-bilah kayu. Dengan begitu, kesan privasi yang diinginkan akan tercipta. Selain itu,penghuni Rumah Mewah dan anggota keluarga yang lain juga tidak merasa terganggu saat melakukan aktivitas masing-masing.

Ringkasan:
  • Area Privasi untuk Rumah mewah digunakan untuk tempat menenangkan pikiran dan mencari inspirasi bagi penghuni rumah,
  • Area Privasi bisa dibangun di taman rumah, dengan harapan lebih memberikan ketenangan,
  • Sebuah gazebo di taman bisa dijadikan area privasi yang lebih multifungsi.