Desain Carport Bambu sebagai Solusi Keterbatasan Material



Gambar Desain Carport Bambu Minimalis
Dari berbagai artikel dari Website kami, tentu anda sudah mengetahui, bahwa Bambu merupakan Material yang paling mudah untuk di regerasi. Pohon Bambu akan siap dipanen dalam usia 3 sampai 4 tahun, sedangkan material Kayu membutuhkan waktu 15 – 20 Tahun untuk mencapai maksimal kualitas masa panen. Penggunaan Material Bambu untuk perlengkapan bangunan rumah sangat beragam, mulai dari Furniture, Dinding, Pagar Rumah, bahkan saat ini banyak yang mengembangkan material ini untuk Kontruksi Carport yang unik. 

Struktur Desain Carport Bambu menggunakan tali stainless steel sebagai pengikat dan dirancang sebagai kit pra-fabrikasi yang dapat dikirimkan dan mudah diinstal oleh pembeli atau pemakai langsung. Beberapa metode penyambungan menggunakan teknik penyambungan kayu, sehingga Carport Bambu akan lebih kuat. Hal ini terinspirasi oleh 'melewati sendi' metode penyambungan Bambu tradisional dan memukul, namun dimodernisasi dengan menggunakan tali stainless steel agar lebih kuat dan lebih tahan lama.

Tiang Carport menggunakan metode gabungan beberapa bamboo dan diikat dengan menggunaan tali stainless steel. Hal ini tentu bertujuan agar kontruksi Carport jauh lebih kuat, apabila hanya menggunakan satu batang bamboo, meski itu bamboo yang besar metode penggabungan Bambu pada tiang ini jauh lebih kuat. Kekuatan dan keawetan bamboo juga didasarkan pada metode pengawetan bamboo sebelum digunakan. Maka dari  itu pilihlah material bamboo yang mempunyai standar pengawetan yang terpercaya.

Dan untuk menghindari serangan rayap pada tiang Carport Bambu, sebaiknya bagian bawah tiang dilindungi dan diperkuat dengan menggunakan struktur beton dengan ketinggian 20-30 cm. sedangkan untuk material atap anda bisa menggunakan material yang ringan seperti, lembaran metal bergelombang, atau pulicarbonat. Bahkan anda juga bisa menggunakan material Bambu sebagai Atap Carport. Caranya adalah dengan membagi bamboo menjadi dua bagian, dan disusun secara bolak-balik. Dengan begitu maka Desain Carport Bambu akan sempurna, unik dan tentu akan menjadi daya tarik bagi tamu yang berkunjung ke rumah anda.

Ringkasan:

  • Pohon Bambu siap panen dalam usia 3 sampai 4 tahun, sedangkan Kayu membutuhkan waktu 15 – 20 tahun,
  • Agar tahan lama dan kuat, Desain Carport Bambu harus menggunakan material bamboo yang telah diolah dengan tepat,
  • Material Bambu tidak hanya dapat digunakan untuk tiang carport, namun juga bisa digunakan untuk struktur atas Carport.