Pentingnya Ventilasi Silang dengan Prinsip Inlet dan Outlet



Gambar Konsep Ventilasi Inlet&Outlet
Ventilasi silang adalah metode memanfaatkan angin untuk memaksa udara luar yang dingin ke dalam gedung melalui saluran masuk (pintu, jendela, ventilasi dll) dan untuk memaksa udara interior yang hangat keluar dari gedung melalui outlet (pintu, jendela, ventilasi dll). Pentingnya ventilasi silang, tentu saja untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk dan tidak pengap.

Orientasi jendela ke arah gerakan angin di dalam ruangan sangat penting untuk jumlah udara yang mengalir melalui Inlet. Inlet berguna untuk ventilasi silang jika arah aliran angin di kisaran -45 derajat ke 45 derajat ke permukaan normal jendela. Energi licik bekerja di bawah asumsi ini. Tentu saja, anda dapat memanipulasi geometri eksterior untuk mengarahkan pergerakan udara melalui bukaan. Jumlah panas yang dibuang melalui outlet dari gedung berbanding lurus dengan daerah inlet yang ada.

Prinsip Inlet & Outlet 

Semakin inlet dan outlet daerah yang lebih besar, lebih banyak udara dapat melakukan perjalanan melalui gedung dan suhu ruangan yang panas yang lebih dapat dihapus. Maka dari itu, tentu saja Menambahkan area inlet dan outlet meningkatkan ventilasi. 

Ukuran dari  Inlet & Outlet menentukan berapa banyak udara dapat mengalir melalui gedung. Membuat daerah inlet lebih besar dari daerah outlet atau sebaliknya akan meningkatkan sedikit ventilasi. Namun, perbandingan lebih dari 2:1 (atau 1:2) tidak terlalu berguna. Volume udara yang mengalir ke suatu gedung harus sama dengan volume udara meninggalkan gedung. Dengan demikian, kecepatan udara melalui lubang kecil akan lebih besar. 

Minimalkan Pembatas Ruangan

Prinsip Pentingnya Ventilasi Silang adalah Udara harus bebas untuk bergerak dari inlet ke outlet. Keduanya tidak terlalu berguna jika ada dinding atau pembatas ruangan di antara mereka. minimal bidang yang ada di jalur udara dari inlet ke outlet harus yang lebih kecil dari inlet dan outlet. 

Jalur yang jelas antara inlet dan outlet harus dijaga

Perhitungan Daerah inlet atau outlet dari jendela adalah luas jendela yang benar-benar dapat dibuka. Karena hanya setengah dari jendela double-hung dapat dibuka pada satu waktu, sebuah double hung window dengan ukuran 16 kaki persegi memiliki saluran masuk atau area outlet dengan ukuran 8 meter persegi.
Gambar Ventilasi Silang Rumah Modern

Ringkasan:

  • Ventilasi silang adalah metode untuk memanfaatkan energy alam membentuk system sirkulasi udara di dalam rumah sehingga tercipta ruangan yang sehat,
  • Inlet adalah bidang untuk memasukan udara, sedangkan outlet adalah area untuk mengeluarkan udara dari ruangan.
  • Perbandingan Inlet dan outlet harus seimbang dan tidak ada pembatas yang menghalangi sirkulasi udara.