Beragam Material Pintu Kamar Mandi


Gambar Pintu Kamar Mandi dari Kaca
Saat ini banyak pilihan material yang bisa digunakan untuk pintu kamar mandi. Namun sebelum anda menggunakannya, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu, kekurangan dari masing - masing material. Memilih material untuk pintu kamar mandi, harus disesuaikan apakah kamar mandi anda adalah kamar mandi kering atau basah.

Untuk jenis kamar mandi yang di dalamnya terdapat bak mandi, toilet, dan wastafel dalam satu area, masuk kedalam katagori kamar mandi basah. Sedangkan untuk kamar mandi yang mempunyai bathtub atau shower untuk area mandi, merupakan kamar mandi kering.

Material pintu kamar mandi akan lebih awet apabila menggunakan material yang disesuaikan dengan katagori kamar mandi. Karena tentu masing-masing material mempunyai kekurangan dan kelebihan. Sebagai referensi, dibawah ini beberapa criteria dari masing-masing material Pintu Kamar Mandi:

Material Kayu Untuk Pintu Kamar Mandi

Material Kayu paling banyak digunakan pada rumah-rumah tropis, karena mampu memberikan kesen yang kokoh. Namun apabila berada di suhu yang lembab, material ini sangat mudah rapuh. Sehingga sangat tidak disarankan untuk dipasang di Kamar Mandi Basah. Apabila terus menerus terkena percikan air, Pintu Kamar Mandi dengan Material kayu ini akan cepat lapuk dan keropos. Sedangkan untuk kamar mandi kering, material kayu masih bisa diaplikasikan.

Material Aluminium Untuk Pintu Kamar Mandi

Ketahanan Material Almunium terhadap lembab dan karat cukup baik, sehingga material ini cocok diaplikasikan pada kamar mandi basah. Anda juga dapat berhemat, karena harga material ini yang relatif lebih murah dan tentu akan lebih tahan lama, apabila dibandingkan dengan material kayu. Salah satu kekurangan material ini adalah, tampilannya yang kaku membuat tidak banyak yang menggunakan material ini.

Material Kaca Untuk Pintu Kamar Mandi

Material kaca sering digunakan untuk memisahkan area basah dan area kering pada kamar mandi. Namun bisa juga langsung digunakan sebagai pintu kamar mandi. Ketebalan kaca yang digunakan adalah sekitar 1cm bahkan lebih. Material Kaca untuk digunakan sebagai Pintu Kamar Mandi tentu harus dilakukan perawatan yang teratur. Noda air sering menempel pada permukaan kaca. Namun, Anda hanya perlu mengelap kaca dengan kain basah yang bersih untuk membersihkannya.

Material PVC Untuk Pintu Kamar Mandi

Material PVC atau vinyl, merupakan material selanjutnya yang bisa menjadi solusi untuk masalah pintu kamar mandi. Material PVC memiliki banyak kelebihan; Selain anti karat, anti rayap, dan tahan terhadap perubahan cuaca, pilihan warnanya yang ada dipasaran cukup banyak. Apabila anda menginginkan tampilan yang natural, Pintu Kamar Mandi dengan Material PVC yang bermotif kayu juga bisa anda dapatkan.

Ringkasan:

  • Material yang biasa digunakan untuk pintu kamar mandi adalah Kayu, Almunium, Kaca dan PVC.
  • Material Pintu Kamar mandi harus disesuaikan dengan katagori kamar Mandi Basah atau Kering,