Tips Memilih Desain Pintu Rumah Mewah


Desain Pintu Rumah tidak boleh begitu saja menentukannya, terutama untuk main door designs harus direncanakan agar mampu mempercantik desain rumah, baik itu dari segi fasad rumah, maupun dari Interior Rumah. Agar hasil yang didapatkan maksimal, Pintu yang anda pilih harus memenuhi persyaratan dari 4 aspek pintu rumah (Keamanan, Desain, Material, dan Harga) untuk lebih jelasnya anda bisa mempelajari dari ke empat aspek tersebut:

Keamanan Pintu
Pintu adalah akses untuk keluar masuk area rumah. Dan tentu anda menginginkan kenyamanan dan keamanan rumah tetap anda dan keluarga miliki. Maka dari itu sebaiknya pintu dibuat dengan tujuan utama, demi keamanan agar orang yang tidak anda izinkan, bisa masuk kedalam rumah, merusak keamanan dan kenyamanan anda.

Apabila Pintu utama atau pintu yang berhubungan dengan area luar hanya menggunakan bahan texwood atau multiplek tentu kurang aman, karena gampang untuk dirusak. Berbeda dengan pintu yang terbuat dari material kayu solid yang mempunyai kekuatan dan keamanan yang terjamin. Untuk lebih meningkatkan keamanan pintu utama, tentu harus juga harus dilengkapi kunci pintu yang kuat, sehingga aman ketika harus anda tinggal pergi atau saat malam hari.

Desain Pintu
Desain Pintu juga berfungsi sebagai aspek yang mempercantik rumah. Dalam pemilihan desain sebaiknya anda serasikan dengan desain rumah (klasik, minimalis, modern). Desain Pintu terutama Desain Pintu Utama, cenderung tinggi sehingga mampu menciptakan rumah yang lebih mewah. Namun untuk model ini, mempunyai kekurangan kayu akan mudah melengkung, terutama apabila terjadi perubahan cuaca yang ekstrem. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, anda bisa menambahkan ventilasi diatas pintu. Penambahan ini tetap akan memberikan kesan pintu yang tinggi, namun daun pintu akan tetap aman. Dan sirkulasi udara di dalam ruangan akan lebih lancar.

Material Pintu
Saat ini banyak sekali material yang bisa dijadikan pintu. Mulai dari kayu, besi, almunium, kaca hingga bahan plastic. Namun untuk saat ini material yang banyak digunakan adalah material kayu, almunium dan kaca, sedangkan untuk material plastic banyak digunakan untuk pintu kamar mandi atau toilet. Material kayu sebagai pembuatan pintu sangat artistic dan menarik. Hal ini dikarenakan keindahan texture setiap kayu yang berbeda menciptakan keunikan yang berbeda.
Harga Pintu
Harga pintu tentu sesuai dengan bahan dan desain yang digunakan, masing–masing  mempunyai kwalitas dan harga, apabila bahan kayu diolah menjadi produk pintu tentu harga yang ditawarkan akan berbeda dengan harga Pintu dengan material yang lain.

Ringkasan:
  • Pemilihan Pintu harus memenuhi persyaratan aspek Keamanan, Desain, Material, dan Harga.
  • Desain, ukuran  dan material yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan letak pintu tersebut,
  • Harga pintu sesuai dengan material dan desain yang digunakan.