Green Building di India mendapatkan penghargaan Platinum Award

Gedung Ramah Lingkungan Foto 1
Sebuah gedung di India dinobatkan sebagai bangunan paling hijau di dunia. Bangunan ini merupakan milik perusahaan multinasional, Bayer. Gedung ini menjadi bangunan pertama di dunia yang menerima poin 64 dari 69 poin sistem peringkat bangunan hijau di dunia. Sistem penilaian ini dinamakan Desain Kepemimpinan dalam Energi dan Lingkungan (Leadership in Energy and Environmental Design/LEED).

LEED adalah standar yang dikembangkan Badan Bangunan Hijau Amerika Serikat (US Green Building Council/USGBC) untuk menentukan apa yang layak disebut sebagai “bangunan hijau”. Dengan bantuan firma arsitektur asal India, Sankalpan, Bayer MaterialScience mendesain bangunan kantor dengan luas 10 ribu kaki persegi tersebut, di luar New Delhi. Bangunan ini telah memenuhi standar yang dibuat perusahaan, yaitu EcoCommercial Build Program.

Bayer MaterialScience mendapat nilai maksimum untuk kategori penggunaan air yang efisien, kualitas lingkungan dalam ruangan, inovasi dan desain, serta hanya kehilangan lima poin secara keseluruhan setelah satu tahun beroperasi.

Disebutkan bahwa tidak ada bangunan lain di dunia ini yang melakukan sama baiknya dengan Bayer MaterialScience. jadi, bagaimana  mereka mengembangkan bangunan hijau di negara yang panas seperti India?

Untuk menghasilkan lebih banyak energi listrik yang dibutuhkan bangunan, arsitek membuat panel surya ukuran besar. Mereka juga melengkapi bangunan dengan bahan perlindungan matahari dan mengembangkan bahan poliuretan berbasis isolasi yang mengurangi konsumsi listrik untuk keseluruhan bangunan sebesar 70 %.

Platinum Award jelas menjadi indikasi bahwa konsep bangunan ekologis yang berkelanjutan dapat dicapai dengan bahan yang tepat, terlepas dari apakah bangunan itu ada di negara maju atau di berkembang seperti di India. Green Building diharapkan dapat memotivasi para arsitek dan pengembang untuk terlibat lebih dalam dalam membuat bangunan yang berkelanjutan di seluruh dunia.
Gedung Ramah Lingkungan Foto 2

Gedung Ramah Lingkungan Foto 3

 Ringkasan:
  • Sebuah gedung di India mendapatkan penghargaan Platinum Award untuk katagori Green Building,
  • LEED adalah standar yang dikembangkan Badan Bangunan Hijau Amerika Serikat untuk menentukan apa yang layak disebut sebagai “bangunan hijau”,
  • Untuk menghasilkan lebih banyak energi listrik di bangunan tersebut, arsitek membuat Panel Surya ukuran besar.