Keuntungan Ganda Penggunaan Rumah Toko

Dekorasi Rumah Toko Modern Minimalis Foto 1
Saat ini memiliki tempat usaha di rumah sudah menjadi hal biasa. Alasannya, adalah tentu harga sewa yang mahal, sehingga menyebabkan dana yang dikeluarkan pasti lebih besar. Hal ini menyebabkan sejumlah orang memilih menjadikan hunian mereka sebagai tempat usaha dibandingkan harus menyewa tempat baru atau dengan kata lain Rumah Toko. Memiliki tempat usaha di rumah juga berarti menghilangkan jarak antara keduanya.

Dengan begitu, secara otomatis ini akan memangkas banyak hal, mulai biaya, mobilisasi, hingga meminimalkan waktu tempuh ke lokasi kerja. Membuat tempat usaha di rumah akan memudahkan pemilik rumah yang juga pemilik usaha untuk mengendalikan usahanya.

Selain itu, untuk masalah lahan, tentu bila diterapkan di rumah, anda rumah bisa memanfaatkan ruang yang ada. Namun tepat harus disesuaikan dengan jenis usaha yang akan anda lakukan. Sebelum memutuskan untuk membuat usaha di rumah, sebaiknya tentukan terlebih dahulu jenis usaha apa yang ingin Anda lakukan. Apabila sudah menemukan usaha yang tepat untuk dilakukan di rumah tinggal, mulailah lakukan penataan ruangan.

Furnitur disesuaikan dengan kebutuhan jenis usaha yang dilakukan di rumah. Ambil contoh counter handphone atau usaha makanan. Jenis usaha tersebut biasanya mengharuskan kita untuk berhubungan langsung dengan konsumen. Karena itu yang mesti dilakukan adalah siapkan counter. Biasanya area yang sering digunakan adalah garasi. Area ini paling mudah untuk direnovasi sebagai tempat usaha dengan konsep Rumah Toko. Sebab, intensitas pemakaiannya lebih sering kosong daripada digunakan dan bersinggungan langsung dengan area luar. Konsepnya pun didesain moveable agar fungsi carport-nya atau posisi counter tadi bisa dipakai sesuai fungsi awal.

Contoh lain, usaha jasa internet. Usaha ini membutuhkan furnishing ulang. Sebab, jasa internet membutuhkan meja dan kursi yang harus disiapkan. Meski demikian, tidak harus konsep meja dan kursi yang digunakan. Banyak juga usaha internet yang memilih konsep duduk di lantai. Selain lebih luas, cara ini meminimalkan penggunaan furnitur yang berlebihan.

Hal penting lain adalah jaringan instalasi kabel untuk menunjang aktivitas di area tersebut. Gunakan instalasi kabel yang praktis diekspos, namun harus tertata rapi. Atau bisa menggunakan cable protector yang fabrikasi atau bisa juga disembunyikan di lantai yang ditinggikan.

Apabila memang tidak mau merusak dinding atau lantai eksisting Rumah Toko, gunakan cover instalasi kabel yang dibentangkan di lantai. Agar tidak mengganggu aktivitas, ketinggian lantai ditambah dengan panggung-panggungan, bisa dari kayu maupun plywood. Apabila jenis usaha yang dilakukan melibatkan orang dalam jumlah banyak, maka penekanan flow atau space ruang gerak pengguna aktivitas pada ruang tersebut harus diperhatikan, Jangan sampai mengganggu aktivitas orang lain yang ada di dalam rumah. Yaitu dengan menggunakan area luar seperti halaman, garasi, maupun ruang tamu.

Sementara, apabila jenis usaha tidak perlu melibatkan orang luar sebagai pengunjung seperti jasa jahit pakaian, anda tetap bisa kita manfaatkan ruang di area belakang atau malah di dalam rumah. Sebaiknya kegiatan produksi dilakukan di ruangan yang posisinya agak ke dalam. 

Bahkan, tidak jarang ruang tamu menjadi ruang yang tepat untuk usaha. Galeri, misalnya. Ruang tamu menjadi tempat yang tepat untuk jenis usaha yang bersifat mengekspos seperti lukisan. Selain sebagai objek usaha, lukisan bisa sekaligus dijadikan hiasan di ruang tersebut. Untuk membagi fungsinya, Briyan cukup digabungkan. Sebab, bila dibagi malah akan membutuhkan space atau lahan yang cukup luas.

Penggabungan fungsi hanya bisa berlaku untuk jenis usaha tertentu yang cenderung dekoratif. Bila jenis usahanya tidak bisa sejalan dengan fungsi ruang awal, terpaksa dibagi pemisahannya, boleh dengan partisi atau sejenisnya. Adapun yang terpenting, Anda dituntut untuk cermat dalam membidik jenis usaha yang tepat terhadap kondisi hunian. Soal menyiasatinya, pasti ada seribu satu cara yang bisa Anda terapkan di Rumah Toko.

Ringkasan:
  • Rumah Toko lebih menghemat dana dan waktu apabila anda harus menyewa sebuah bangunan untuk tempat usaha,
  • Furnitur yang akan digunakan tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan jenis usaha yang dilakukan,
  • Penggabungan fungsi ruangan bisa dilakukan apabila jenis usaha yang anda lakukan cenderung dekoratif.