Pentingnya Aksesoris Sebagai Pendukung Aspek Tata Ruang Interior


Aksesoris Desain Interior Foto 1
Berada di rumah, kantor, atau ruang-ruang pribadi, keluarga, kelompok atau instansi tertentu, tentu anda akan merasakan aspek yang mewakili dan menjiwai citra pemiliknya. Bahkan kadang aspek tersebut sengaja diciptakan untuk menonjolkan citra yang baik dan sesuai dengan latar belakang pemiliknya.

Umumnya accessories yang dipergunakan memiliki desain yang disesuaikan dengan selera dan pribadi pemilik atau penghuninya, dan meliputi tema, gaya, warna, ukuran, dan jumlah. Namun selain desain yang tepat peletakannya perlu juga diperhatikan dan dipertimbangkan dengan tepat pada konsep yang telah direncanakan. Jangan sampai terjadi hal-hal kebalikannya yang justru membuat janggal tata ruang interior yang sudah di rencanakan dengan matang. Maksud dari penentuan masing-masing aspek tersebut adalah sebagai berikut:

Tema
Merupakan hal utama yang sangat menentukan serasi atau tidaknya unsur tersebut dipadukan dalam sebuah penataan interior. Penataan ruangan bisa saja tidak terfokus dalam satu tema, namun penggabungan antara beberapa tema bisa juga dilakukan. Sebagai contoh, sebuah penataan interior modern bergaya minimalis dimasukan unsur ethnic pada accesoriesnya yang berupa vas bunga, pigura, dan sebagainya.

Gaya

Adalah unsur yang lebih spesifik dari pada tema. Seperti tema tradisional bisa bergaya Jawa, Toraja, Minang, dan lain-lain. Atau pada tema klasik, kita bisa mengambil gaya Rococo, Baroque, Renaissance, dan sebagainya. Jadi memilih gaya juga sangat penting halnya, terutama pada ruang-ruang yang bertema klasik dan tradisional.

Warna

Merupakan aspek yang mampu mempersatukan tema sehingga tercipta desain interior yang harmonis. Penggunaan warna favorit merupakan cara mudah untuk mengaplikasikan penggunaan warna. Sebagai aksen untuk mempercantik rumah, komposisi dan intensitas warnanya harus diatur dengan tepat sehingga tercipta ruangan interior yang indah

Ukuran

Penggunaan accessories pada Tata Ruang Interior tidak harus berukuran besar atau kecil dengan ukuran yang sama. Pemilihan ukuran yang sesuai dengan ruangan dan komponen furniture tentu akan menciptakan desain Tata Ruang Interior yang maksimal. Pada kondisi tertentu accessories bisa juga dibuat dan dipilih berukuran besar, antara lain pada ruangan yang berukuran besar, juga apabila accessories tersebut merupakan icon atau sebagai symbol yang sengaja ingin ditonjolkan.

Unsur Rasa dan Selera

Unsur Tata Ruang Interior tidak ada acuan teori dan teknik yang secara pasti, tetapi apabila anda merasa tidak begitu yakin dengan masalah selera, atau bahkan kita sendiri bingung dalam menentukan masalah rasa, kita dapat meminta pertimbangan rekan-rekan yang berprofesi sebagai seniman atau designer atau langsung ke jasa konsultan rumah dan perumahan.