Tips Desain Interior Fungsional Mezzanine untuk Anda


Mezzanine yang merupakan ruang tambahan pada ruangan yang sudah ada, tentu akan maksimal apabila di desain dengan konsep Multifungsi. Ruangan ini biasanya memang dibangun untuk digunakan sebagai kamar tidur, ruang kerja, perpustakaan atau bahkan pemilik rumah masih bingung penggunaan Mezzanine dan membiarkannya kosong sebagai penghias Desain Interior.  Maka dari itu, Interior Design Mezzanine Fungsional  mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk anda.


Agar pembangunan Mezzanine dapat anda Gunakan secara Maksimal, apabila memang pembangunan mezzanine dilakukan ketika memang sudah tidak ada ruang kosong lagi di rumah anda. Namun tidak sedikit oran yang sengaja membangun Mezzanine hanya untuk aspek penghias Ruangan. Jadi, dibawah ini beberapa tips untuk membantu Anda dalam merancang sebuah Interior Design Mezzanine Fungsional:
  1. Perencanaan yang baik pembangunan Mezzanine tentu hal yang harus diutamakan. Pastikan Rumah anda bisa mengakomodasi mezzanine, sehingga Ruangan tidak menjadi semakin sempit. Apabila ruangan yang anda miliki memang tidak memungkinkan untuk dibuat mezzanine, anda tidak boleh memaksakannya. Atau buat Mezzanine Kecil yang bisa digunakan untuk tempat tidur, atau ruang kerja saja.
  2. Tentukan Fungsi Mezzanine saat perencanaan. Anda juga harus menentukan fungsi apakah sesuai dengan area yang tersedia untuk pembuatan mezzanine?
  3. Gunakan bahan yang memenuhi standart, agar keamanan dan kenyamanan bisa anda dapatkan di Mezzanine. Material yang biasa digunakan adalah Kayu, Logam atau Baja Ringan dan Material Beton. Material Transparan, juga bisa anda pilih seperti Kaca Mesh atau Pemanggang Kayu.
  4. Jangan membuat Mezzanine terlalu tinggi dan sebaiknya dengan ketinggian antara 2,7-3 Meter. Hal ini tentu bertujuan untuk Menciptakan Desain Interior Mezzanine yang aman dan biaya yang digunakan lebih hemat.
  5. Ketinggian Ruangan Mezzanine harus disesuaikan dengan fungsinya , apabila untuk ruang kerja anda harus membuat jarak lantai mezzanine dengan plafon lebih tinggi ketika anda berdiri. Namun untuk Mezzanine, yang akan digunakan sebagai tempat tidur, anda bisa mengukurnya ketika anda duduk. Sedangkan untuk ruangan penyimpanan, bisa lebih rendah lagi/
  6. Patikan pembuatan Tangga Mezzanine aman dan tidak membutuhkan banyak ruang. Apabila ruangan anda terlalu sempit, gunakan saja Tangga Spiral.
  7. Untuk mengatasi Suhu panas pada Mezzanine, gunakan Isolator Panas, dan jangan menutup Tepi Mezzanine secara keseluruhan. Hal ini tentu untuk memperlancar sirkulasi udara
  8. Gunakan Teknik pencahayaan yang sesuai dengan fungsi Mezzanine. Apabila untuk ruang kerja tentu membutuhkan Pencahayaan yang lebih terang, namun apabila akan digunakan sebagai Tempat tidur, gunakan saja lampu yang dapat diatur tingkat cahayanya.
  9. Pilih furnitur yang nyaman dan aman untuk anda. Gunakan Material Furniture yang ringan, sehingga mengurangi beban dari Mezzanine.

Anda sebaiknya memang memastikan apakah ruangan rumah anda cukup untuk pembangunan mezzanine, terutama masalah ketinggian dan luas ruangan. Dan apakah pembangunan Mezzanine ini memang anda butuhkan. Apabila kedua hal tersebut sudah ditemukan jawabannya, anda sebaiknya merencanakan pembangunan Interior Design Mezzanine yang Fungsional, sehingga apabila suatu saat akan merubah fungsi Mezzanine, renovasi besar tidak perlu anda  lakukan.

Ringkasan:
  • Pembangunan Mezzanine boleh anda lakukan apabila ruangan rumah anda bisa untuk dibangun mezzanine, dan Fungsinya sudah anda temukan,
  • Perencanaan Interior Design Mezzanine Multifungsi, perlu dilakukan untuk Keamanan dan Kenyamanan Penghuninya.