Langkah Mudah Membuat Taman Teranium Modern dari Bohlam Bekas

Terarium adalah media atau wadah yang terbuat dari kaca atau plastik transparan yang berisi tanaman atau aksesoris lainnya dengan tujuan pembuatan sebagai penelitian, metode Menanam tanaman atau dekorasi untuk mempercantik desain interior maupun eksterior rumah. Salah satu desain Teranium yang hemat adalah dengan membuat Taman Teranium dari Bohlam Bekas. Taman Mini Modern ini merupakan biosfer buatan alami karena fungsi biologis yang terjadi pada terarium mirip dengan yang terjadi di alam yang sebenarnya.

Media pembuatan Teranium beragam, bisa menggunakan aquarium, botol atau bahkan anda bisa Membuat Taman Teranium dari Bohlam Bekas. Untuk pembuatan dengan media ini, anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Sediakan Bohlam yang sudah tidak anda Gunakan, dan siapkan peralatan yang diperlukan seperti, Tang, besi kecil, media tanam, corong, semprotan untuk menyiram dan tanaman yang akan anda letakan di dalam Bohlam.
  2. Buka ujung bohlam dengan menggunakan tang dan bersihkan serpihan kaca dan kawat dengan menggunakan besi kecil yang telah anda siapkan.
  3. Keluarkan isi bohlam hingga bersih.
  4. tambahkan penyangga pada sisi bagian bawah bohlam, yang nantnya digunakan sebagai alas, sehingga bohlam tersebut bisa berdiri tegak dan tidak goyang. Penyangga ini bisa menggunakan bahan Plastisin atau bahan lain yang lebih mudah anda temukan.
  5. Masukan media tanam, seperti serbuk kayu atau media tanam lain ke dalam Bohlam menggunakan Corong.
  6. Sebagai alas tanaman agar lebih cantik, anda bisa menambahkan rumput sintetis.
  7. Masukan tanaman mini yang telah anda siapkan, tambahkan beberapa aksesoris dan mulailah berkreasi sesuai dengan imajinasi anda.


Dalam Membuat Taman Teranium dari Bohlam Bekas, anda juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti dibawah ini:
  1. Terrarium dengan menggunakan media ini hanya untuk tumbuhan yang mampu bertahan dengan air yang sedikit seperti kaktus.
  2. Gunakan semprotan untuk menyiram dinding Kaca Tiranium 2 kali sehari, dan jangan menyiram tanaman secara langsung.
  3. Apabila anda tidak mempunyai bohlam bekas yang cukup besar, anda bisa menggunakan botol atau aquarium sebagai pengganti wadah taman Teranium.
  4. Jika tidak mempunyai rumput sintetis , anda bisa menggunakan pasir halus.

Dengan memanfaatkan Bohlam Bekas sebagai wadah untuk menciptakan taman mini, anda telah membuktikan cinta anda kepada lingkungan dan bukti kreatifitas anda mempercantik ruangan. Dengan terus berkreasi dan mencoba hal baru, mungkin saja apabila Taman Teranium dari Bohlam Bekas yang anda buat akan menjadi dumber penghasilan untuk anda.

Ringkasan:
  • Membuat Taman Teranium dari Bohlam Bekas cukup mudah, karena tidak membutuhkan waktu yang banyak dan biaya yang sangat kecil.
  • Imajinasi dan kreatifitas yang anda lakukan pada Taman mini ini, bisa menjadi sumber penghasilan yang cukup menjanjikan.